Geograddict’s Weblog
Everything that u wanna write about this Earth

GIS For Spatial Planning

Perkembangan suatu wilayah sekarang ini dirasa begitu cepat, tidak hanya aspek fisik tetapi juga aspek ekonomi dan budaya. Perkembangan yang cepat ini memberikan dampak yang besar sehingga permasalahan yang timbulpun semakin kompleks. Adanya kenyataan bahwa pertumbuhan suatu wilayah kadang menunjukan sifat-sifat yang tak terkendali bisa menciptakan bagian kawasan tertentu yang tak terkontrol pembangunannya oleh sebab itu perlu berbagai penanganan yang terarah agar tercipta lingkungan yang terkendali kelestariannya dengan perencanaan dan pemantauan pembangunan yang baik. Evaluasi perencanaan dan pemantauan yang terarah merupakan syarat yang mutlak dalam dinamika pembangunan yang berkelanjutan, dengan pembangunan terencana inilah dapat ditentukan tahapan pembangunan secara tertib berdasarkan prioritas dengan memperhatikan daya dukung SDA dan SDM.

Untuk melakukan kegiatan misalnya penataan ruang, diperlukan informasi keruangan yang mengandung aspek lokasi, dimensi temporal dan dimensi tematis. Wujud informasi keruangan dituangkan dalam bentuk peta. Suatu wilayah mempunyai banyak aspek yang dapat diungkapkan sehubungan  dengan karakteristik suatu daerah yang dipadukan dalam GIS untuk menghasilkan suatu keputusan dan kebijaksanaan. Budidaya suatu wilayah mempunyai peranan penting bagi wilayah itu sendiri serta masyarakat disekitarnya. Sistem dari lahan yang berkaitan erat satu sama lain adalah daerah permukiman, industry, hutan, perkebunan dan sebagainya yang akan berubah setiap saat. Perubahan tersebut ada yang sesuai tapi banyak pula yang tidak sesuai dengan perencanaan tata ruang yang telah ditetapkan dimana ketidaksesuaian tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada keseimbangan lingkungan. Oleh karena itu perlu dilakukan pemantauan terhadap wilayah itu. Hal ini secara efektif dan efisien dapat dilakukan dengan teknologi GIS.

GIS memberikan kemampuan analisis yang berkaitan dengan aspek keruangan. Basis data GIS yang dibangun berdasarkan pada sasaran analisis yang diharapkan bisa membantu upaya pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan suatu wilayah. Satu hal penting dalam GIS yang dapat dioptimalkan dari pemanfaatan adalah adanya penyajian informasi dengan kaidah geografis sehingga dapat bermakna dalam analisis keruangan. Disini peran GIS sebagai salah satu sistem informasi keruangan selain dapat membantu proses pengambilan keputusan juga dibuat sebagai model. Melalui model GIS maka proses pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan serta pemantauan pembangunan suatu wilayah dapat dilaksanakan dengan tepat dan cepat dengan mengandalkan data yang optimum.

2 Tanggapan to “GIS For Spatial Planning”

  1. SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF …OYA,BISA PASANG LINK/BANNER GA YAH…??? HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM 🙄

  2. […] GIS For Spatial Planning […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: