Geograddict’s Weblog
Everything that u wanna write about this Earth

Pemetaan dengan Radar

Wilayah Indonesia Cocok Gunakan Pemetaan dengan Radar
(dikutip dari Harian Republika, 28 Februari 2008)

Luasnya wilayah Indonesia serta kondisi iklim yang sering diliputi awan, membuat pemetaan secara konvensional dengan pemotretan udara ataupun citra optis sering menghadapi kendala. Hal ini mengakibatkan data spasial untuk seluruh wilayah belum dapat dipenuhi secara cepat dan akurat.
”Teknologi pemetaan dengan radar dapat mengatasi masalah liputan awan sudah lama menarik untuk diterapkan dan dicoba di Indonesia,” ujar Kepala Balai Penelitian Geomatika dan Geodinamika Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) , Fahmi Amhar di sela ‘Seminar Nasional Teknologi Radar Antariksa’, Rabu (27/2).

Menurut Fahmi, Indonesia dapat dikatakan menjadi ajang uji terlengkap berbagai sistem pemetaan radar yang pernah dikembangkan di dunia. ”Sudah saatnya para pelaku pemetaan di Indonesia tidak sekadar menjadi obyek tetapi juga subyek pemetaan dengan radar,” jelasnya.

Lebih jauh Fahmi menyatakan, teknologi radar yang datang dari berbagai institusi akademis maupun bisnis, dari dalam maupun dari luar negeri, harus dipandang sebagai sebuah peluang untuk membantu Indonesia dalam menyediakan data spasial. ”Dari berbagai sistem pemetaan radar yang pernah dicoba di Indonesia, TerraSarX yang dikembangkan di Jerman merupakan sistem yang terbaru,” cetusnya.

Sebelumnya pernah dicoba sistem satelit Radarsat, ERS, JERS, Envisat, SRTM maupun sistem airborne-Ifsar. Bakosurtanal, kata Fahmi, menghargai inisiatif infoTerra yang mensponsori penelitian dengan secara cuma-cuma membagikan data TerrasarX di wilayah yang diinginkan para peneliti di Indonesia untuk keperluan penelitian berbagai aspek. ”Ini tentu mendukung sosialisasi aplikasi pemetaan radar khususnya TerrasarX,” tegasnya.

Bakosurtanal sebagai instansi penyedia peta topografi, kata Fahmi, selama ini juga sering bekerja sama dengan sejumlah negara untuk membuat citra dan peta topografi digital terbaru. Teknologi pemetaan dengan sensor radar, lanjut dia, sebetulnya sudah lama dipakai di Indonesia.

Belum Ada Tanggapan to “Pemetaan dengan Radar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: