Geograddict’s Weblog
Everything that u wanna write about this Earth

(Saduran dari berbagai sumber)

 

Spatial Thinking : Habits of Mind

Kaum terpelajar di bidang spatial harus mempunyai pemahaman konsep spatial dan juga skil spatial yang dilampirkan pada perangkat yang mereka gunakan. Menurut Report dari National Academy of Sciences yaitu Learning to Think Spatially, para kaum terpelajar ini haruslah memiliki “Habit of Mind” dari pemikiran spatial, mengetahui dimana, kapan, bagaimana dan mengapa berpikir secara spatial. Kebanyakan orang di komunitas pengajaran spatial dan pendidikan geoteknologi cocok dengan karakteristik ini. Mereka tahu mengapa berpikir spatial, karena mereka melihat kesempatan untuk menyarankan pentingnya berpikir spatial diluar pendidikan di komunitasnya. Mereka mengetahui bagaimana berpikir spatial, berpikir dari banyak sisi dan melakukannya sepanjang waktu. Contohnya :

  • Ketika membaca peta rute penerbangan, mereka bisa memikirkan analisis jaringan (Network Analysis), transportasi regional, dan pengaruh pariwisata terhadap lingkungan.
  • Atau ketika kuncup bermekaran di pohon, mereka bisa mempertimbangkan efek dari ruang gerak, ketinggian dan iklim terhadap datangnya musim semi.
  • Juga ketika melihat menu, mereka bisa memperkirakan tentang difusi dan bagaimana restoran tersebut memutuskan di kota mana akan membuka cabang.
  • Pada saat naik gunung mereka akan membuat tanda dengan GPS, mengambil foto, membuat sketsa, berpikir tentang bagaimana permukaan bumi berubah di masa lalu dan apa yang akan berubah di masa depan.

Bagaimana komunitas pendidikan spatial dan geoteknologi ini mengembangkan kebiasaaannya? Tentulah karena adanya tuntutan sejak mereka kecil, mereka menyukai peta, geografi atau keduanya. Perjalanan masa kecil dan eksplorasi dari banyaknya peluang yang ada diluar ruang lingkup bisa mendukung ketertarikan ini. Bagaimanapun di banyak kasus, sekolah dasar dan lanjutan atau program studi universitas telah mendidik kecintaan ini pada pikiran dan tindakan dalam perjalanan hidup. Oleh sebab itu para pendidik mempunyai tugas penting untuk mengilhami murid-muridnya, sang pembuat keputusan di masa depan untuk berpikir spatial, tidak hanya dalam kelas GIS atau Geografi saja, tetapi sampai pada kehidupan sehari hari mereka. Ya! para pendidik mempunyai kesempatan untuk membentuk ”Habits of Mind”.

Belum Ada Tanggapan to “”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: