Geograddict’s Weblog
Everything that u wanna write about this Earth

Buat nyang mo’ tau apa itu GIS

Geographic Information System(GIS) adalah suatu teknik berbasis komputer yang dapat mengumpulkan, menyimpan, menampilkan, mengolah dan mengelola berbagai data spasial dari fenomena geografis agar dapat dianalisa dan digunakan dalam penentuan berbagai kebijakan para pengguna. Analisa dan aplikasi GIS digunakan untuk mendukung berbagai aktifitas manusia yang erat kaitannya dengan fenomena geografis terutama dalam analisis keruangan (Spatial Analyst). Jadi gampangnya GIS itu sebuah sistem yg digunain orang yg punya data spatial tapi ga tau hrs digimanain en apa yg bisa dihasilkan dr data itu….nah dalam GIS itu ada macem2 ‘jalan keluar’ dari ‘ketidak tauan hrs diapain’ itu..tapi syaratnya itu td, harus data yg bersifat keruangan ato kerennya Data spasial yaitu data  yang memiliki referensi ruang kebumian (georeference).  So.. krn pengolahan data dalam GIS merupakan pengolahan dan pengelolaan informasi geografis berbentuk digital, maka input utama untuk GIS haruslah data spasial yang menunjukan posisi, ukuran, dan kemungkinan hubungan topologis dari obyek di permukaan bumi, Data atau informasi spasial itu merupakan hasil penafsiran data yang dituangkan dalam bentuk simbol sebagai gambaran dari keadaan yang sebenarnya. Data atau informasi keruangan dapat disampaikan dalam bentuk tabel maupun peta. Informasi yang disampaikan dalam bentuk tabel tersebut disebut sebagai data atribut atau tabular, namun bila data ditampilkan dalam bentuk peta maka disebut sebagai data spasial. Yah gitulah kira2 gambaran apa yang disebut GIS itu, emang..mungkin msh banyak yang gak ngerti ya..tp gpp buat sederhananya sih GIS itu cm salah satu cara dlm mempermudah kerjaan manusia aja, khususnya kerjaan yang berhubungan dgn kebumian. GIS itu bkn nama softwarenya, GIS ini sistem yg bs dibilang fleksibel, dia bisa mengasimilasi berbagai sumber data dan mampu memberikan analisa apapun yang dibutuhkan sesuai kepentingan penggunanya, sedangkan nama softwarenya antara lain ArcGIS, MapInfo, ArcView, AutodeskMap dll. Segitu dulu, kl ada kekurangan mohon dimaklumi krn penulis emang msh minim bgt ilmunya..jd kl ada yg mo sumbang menyumbang silahkan aja..tengkyu loh!

4 Tanggapan to “Buat nyang mo’ tau apa itu GIS”

  1. salam kenal, mau tanya, aplikasi/software apa yg dpt membantu GIS?
    thanks

  2. Om maksih literaturnya🙂
    Kebetulan kami sedang develop aplikasi GIS neh,,klo lagi senggang boleh donk mampir ke link ini:
    http://spatcom.dic-online.co

    gratis looh petanya, ada Indonesia, Jabodetabek, Bandung

    thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: