Geograddict’s Weblog
Everything that u wanna write about this Earth

Contoh Aplikasi GIS

GIS yang jelas mempunyai karakteristik sebagai pengelola basis data (DBMS) juga alat analisis keruangan dan sekaligus proses komunikasi untuk pengambilan keputusan, mampu menyajikan informasi spasial maupun non spasial secara bersamaan. Untuk permasalahan mengenai wilayah peruntukan bangunan, dalam GIS bisa dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pengumpulan data, meliputi data fisik dan sosial
  • Data-data yang terkumpul diolah menjadi data GIS digital, dengan cara digitasi garis dan polygon, kemudian hasilnya berupa peta digital yang telah melewati tahap editing, transformasi dan anotasi.
  • Analisa data, dilakukan metode korelasi atau overlay sehingga didapat wilayah peruntukan bangunan berdasarkan jumlah penduduk, jumlah bangunan, kerapatan jaringan jalan, lereng dan penggunaan tanah. Setelah proses klasifikasi maka bisa dilihat distribusinya, lalu dikelompokan atau pengwilayahan. Untuk proses permodelan, itu merupakan aktivitas dalam memilah data untuk dikaji hubungan antar unsur-unsur informasi satu dengan lainnya.

Dengan aplikasi GIS dalam menganalisa dan menampilkan data yang bersifat spasial, pekerjaan akan lebih cepat dan efisien terutama didukung oleh basis data yang lengkap dan akurat.

About these ads

13 Tanggapan to “Contoh Aplikasi GIS”

  1. apaan nih? contoh aplikasi gis nya mana?

  2. ya itu contoh sederhananya…. “wilayah peruntukan bangunan”, kalo ada data jml penduduk, jml bangunan, kerapatan jaringan jalan, lereng dan penggunaan tanah bisa dianalisis dengan GIS.

  3. iya boz… contoh aplikasi nya mna yah..

  4. contoh nama aplikasi gis nya apaan.

  5. [...] Contoh Aplikasi GIS [...]

  6. jadi kalau kita tau jumlah penduduk n bangunan d zuatu wilayah tu baru giz lah.

  7. kalo applikasi GIS untuk membuat peta suatu daerah,,apa namanya gan??

    • hmmm..aplikasi GIS untuk membuat peta? sy sederhanakan sj ya, GIS itu sistem ato proses ato “dapur” nah PETA adalah Hasil dr proses ato sistem tadi (makanannya), jd jk ditanya untuk membuat peta itu apa? tentu saja jawabnya data dan sofware (bahan dan alat). Yang paling familiar buat saya software GIS adalah ArcGIS dan ArcView. :)

  8. jadi jika saya sudah punya data Peta Digital, (file SHP) yang datanya mesti dikelola dengan ArcGis-ArcView….berarti saya sudah punya SIG ya…?

    • bukan punya sig ya.. lbh tepatnya sudah masuk ke “sistem” dengan mempunyai “informasi” yaitu data digital berformat. shp tadi yg bisa di”geografis”kan dengan software2 tersebut, semoga menjadi jelas :-)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: